Comment

"Jangan Lupa Tinggalkan Comment Ya', Matur Nuwun"

Rabu, 01 September 2010

Wimax Hadir Di Jakarta

WiMAX ( Worldwid Interoperabilityfor Microwave Access) adalah teknologi akses nirkabel pita lebar (broadband wireless access atau disingkat BWA) yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dengan jangkauan yang luas. WiMAX merupakan evolusi dari teknologi BWA sebelumnya dengan fitur-fitur yang lebih menarik.


Disamping kecepatan data yang tinggi mampu diberikan, WiMAX juga merupakan teknologi dengan open standar. Dalam arti komunikasi perangkat WiMAX diantara beberapa vendor yang berbeda tetap dapat dilakukan (tidak proprietary). Dengan kecepatan data yang besar (sampai 70 MBps), WiMAX dapat diaplikasikan untuk koneksi broadband ‘last mile’, ataupun backhaul (sumber: www.wikipedia.org).

Di indonesis sendiri PT First Media TBK kini telah menghadirkan Sitra WiMax pada Juni 2010 di kawasan barat Jakarta. PT First Media TBK memenangkan tender penyelenggaraan jaringan tetap lokal berbasis Packet Switched yang menggunakan Pita Frekuensi Radio 2,3GHz untuk keperluan layanan pita lebar nirkabel.

Ini sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 22/PER/M.KOMINFO/04/2009 tentang Dokumen Seleksi Penyelenggaraan Jaringan Tetap Lokal Berbasis Packet Switched yang Menggunakan Pita Frekuensi Radio 2.3 GHz untuk Keperluan Layanan Pita Lebar Nirkabel.

Untuk peluncuran pertamanya ini, Sitra WiMax juga menyediakan modem yang telah memenuhi persyaratan tingkat kandungan dalam negeri sesuai dengan ketentuan pemerintah untuk penggunaan kandungan dalam negeri dalam penyelenggaraan Broadband Wireless Access berbasis teknologi 4G WiMax.

Modem khusus WiMax, disebut Customer Premise Equipments (CPE) merupakan piranti khusus untuk mendapatkan koneksi internet dengan teknologi 4G WiMax (sumber: www.vivanews.com).

Tapi kalo dibanding dengan hotspot area stabil mana ya signal wireless nya? Terus kencengan mana ya? Walaupun hotspot jangkauan areanya terbatas tapi selama ini aku pake di kosan anteng-anteng aja, terus kenceng banget buat download dan streamingnya. Kalo ada trouble juga benerinnya gampang. Kita tunggu saja bagaimana sepak terjang wimax di sekitar kita. Siaappp graaakkkk!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar