Comment

"Jangan Lupa Tinggalkan Comment Ya', Matur Nuwun"

Senin, 20 September 2010

Pesan-Pesan Umar Bin Khattab

Sumber Gambar: www.forum.detik.com


Umar Bin Khattab atau nama lengkapnya Umar bin Khattab bin Nafiel bin abdul Uzza, lahir di Mekkah, dari Bani Adi, salah satu rumpun suku Quraisy (penyembah berhala). Ayahnya bernama Khaththab bin Nufail Al Shimh Al Quraisyi dan ibunya Hantamah binti Hasyim. Dia sangat kuat dan pernah menjadi juara gulat di Mekkah.

Sebelum memeluk Islam, sebagaimana tradisi kaum jahiliyah Umar sering mabuk-mabukan bahkan mengubur putrinya hidup-hidup. Sebagaimana dia pernah berkata:
"Aku menangis ketika menggali kubur untuk putriku. Dia maju dan kemudian menyisir janggutku".
Sebelum masuk islam Umar adalah orang Quraisy yang berkeinginan kuat ingin membunuh Nabi Muhammad SAW. Di sebuah perjalan Umar bertemu dengan Nu'aim bin Abdullah (seorang mukmin) yang memberitahukan bahwa saudara perempuan Umar telah masuk islam. Langsung Umar menemui saudaranya dan marah seketika melihat saudaranya sedang membaca Al-Qur’an (surat Thoha). Dipukulnya saudara Umar hingga berdarah hingga Umar sendiri merasa iba pada saudaranya. Dibacanya terjemahan surah Thoha itu sehingga membuat jiwa Umar terguncang dan akhirnya Umar pun memeluk agama islam.
Umar adalah salah seorang yang ikut pada peristiwa hijrah ke Yatsrib (Madinah) pada tahun 622 Masehi. Ia ikut terlibat pada perang Badar, Uhud, Khaybar serta penyerangan ke Syria. Ia adalah salah seorang sahabat dekat Nabi Muhammad SAW.
Pada masa Abu Bakar menjabat sebagai khalifah, Umar merupakan salah satu penasehat kepalanya. Kemudian setelah meninggalnya Abu Bakar pada tahun 634, Umar ditunjuk menggantikannya. Selama pemerintahan Umar, kekuasaan Islam tumbuh dengan sangat pesat. Islam mengambil alih Mesopotamia dan sebagian Persia dari tangan dinasti Sassanid dari Persia (yang mengakhiri masa kekaisaran sassanid) serta mengambil alih Mesir, Palestina, Syria, Afrika Utara, dan Armenia dari kekaisaran Romawi (Byzantium).
 Umar memiliki julukan yang diberikan oleh Muhammad yaitu Al-Faruq yang berarti orang yang bisa memisahkan antara yang haq dan bathil. Semasa Umar masih hidup Umar meninggalkan wasiat yaitu:
1.    Jika engkau menemukan cela pada seseorang dan engkau hendak mencacinya, maka cacilah dirimu. Karena celamu lebih banyak darinya.
2.    Bila engkau hendak memusuhi seseorang, maka musuhilah perutmu dahulu. Karena tidak ada musuh yang lebih berbahaya terhadapmu selain perut.
3.    Bila engkau hendak memuji seseorang, pujilah ALLAH SWT. Karena tiada seorang manusia pun lebih banyak dalam memberi kepadamu dan lebih santun lembut kepadamu selain ALLAH SWT.
4.    Jika engkau ingin meninggalkan sesuatu, maka tinggalkanlah kesenangan dunia. Sebab apabila engkau meninggalkannya, berarti engkau terpuji.
5.    Bila engkau bersiap-siap untuk sesuatu, maka bersiplah untuk mati. Karena jika engkau tidak bersiap untuk mati, engkau akan menderita, rugi dan penuh penyesalan.
6.    Bila engkau ingin menuntut sesuatu, maka tuntutlah akhirat. Karena engkau tidak akan memperolehnya kecuali dengan mencarinya.

Semoga ada manfaat dari postingan ini. Aamiin.
Referensi: http://www.wikipedia.org



3 komentar: