Comment

"Jangan Lupa Tinggalkan Comment Ya', Matur Nuwun"

Sabtu, 04 September 2010

The Big And Great Hole InThe World

1.>>SINKHOLE,GUATEMALA

Sinkhole, Guatemala

        SETELAH berminggu-minggu terdengar suara bergemuruh yang keras, akhirnya sebagian kampung miskin yang berpenduduk padat di Guatemala, ambles sedalam 100 meter. Bencana dahsyat ini membawa serta belasan rumah dan sejumlah penduduk yang kebetulan berada di dalam rumah maupun di sekitar bencana. Amblesan itu membentuk lubang yang sangat besar.  Dari lubang yang tampak tak berdasar saking dalamnya itu, keluar air dan bau busuk yang sangat menyengat hidung. Ada banyak dugaan terjadinya sinkhole di kota Guatemala itu. Antara lain, hujan badai dan pecahnya saluran penampungan limbah rumah tangga. Demikian diungkapkan pejabat setempat pada kantor berita Associated Press. 

         Sinkhole juga  bisa terjadi karena bebatuan di bawah tanah tergerus air seperti halnya garam atau kapur yang terus menerus terendam air hingga larut, sehingga menyebabkan terjadinya pergeseran di bawah tanah. Lapisan tanah mencari keseimbangan baru, hingga menimbulkan lubang besar. Namun itu hanya praduga-praduga saja, karena penelitian sebenarnya terhadap penyebab sinkhole di kampong kumuh kota Guetemala itu belum jelas benar. Polisi kemudian member i garis aman di sekeliling lubang sekitar 457 meter. Akibatnya, hampir 100 warga terpaksa harus mengungsi dan mencari tempat pemukiman baru karena wilayah itu tidak dapat didiami lagi. 

2.>>DARVAZA GAS CRATER, TURKMENISTAN

Darvaza Gas Crater

        Kawah membara ini disebut sebagai Kawah Gas Darvaza atau juga lebih terkenal sebagai ‘Gerbang Neraka’ terdapat di Gurun Karakum di Turkmenistan. Fenomena aneh terdapat di Gurun Karakum di Turkmenistan.Di dekat desa terpencil, Derweze yang dihuni 350 orang, terdapat sebuah kawah selebar 60 meter dan dalam 20 meter. Kawah ini terus-menerus mengeluarkan api dan terbakar selama 38 tahun.
        Oleh penduduk setempat, kawah membara ini disebut sebagai Kawah Gas Darvaza atau juga lebih terkenal sebagai ‘Gerbang Neraka’. Kawah ini bisa terlihat dari jarak beberapa kilometer. Ini bukan fenomena alam, melainkan hasil dari kecelakaan industrial. Pada tahun 1971, sebuah rig pengeboran Uni Soviet tak sengaja mengenai gua bawah tanah yang menyimpan gas alam dalam jumlah yang masif. Itu menyebabkan tanah runtuh dan seluruh rig pengeboran masuk ke dalamnya. Gas alam beracun bocor dari lubang itu.
         Untuk menanggulangi bencana lingkungan yang potensial, Soviet mengatur bentuk lubang. Kawah tidak berhenti terbakar sejak itu. Fenomena ini telah menarik turis asing yang melakukan perjalanan ke Turkmenistan. Video ‘Gerbang Neraka’ juga jadi hits di YouTube, dan diakses jutaan orang — meski beberapa salah menyebutkan lokasinya, di Uzbekistan.
         Pada April 2010, Presiden Turkmenistan, Kurbanguly Berdymukhamedov ‘Gerbang Neraka’. Ia memerintahkan otoritas setempat untuk mencari cara untuk mengatasinya dan menjamin tidak akan menghambat pengembangan ladang gas di dekatnya. Berdymukhamedov mengatakan bahwa “anomali ini’ telah menghambat pengembangan industri eksplorasi bawah tanah di Karakum.

3.>> KIMBERLEY DIAMOND MINE, SOUTH AFRICA


Kimberley diamond mine

        Tambang berlian Kimberley (juga dikenal sebagai Big Hole) memiliki julukan lubang buatan tangan terbesar di dunia (masih diperdebatkan). Sejak 1866 sampai 1914, 50.000 penambang menggalinya dengan pacul dan sekop, menghasilkan 2.722 kg berlian. Sedang diusahakan untuk mendaftarkan lubang ini sebagai situs warisan dunia.

4.>> MONTICELLO DAM, CALIFORNIA


Monticello Dam

        Terletak di Monticello Dam di Danau Berryessa di California Utara, tiriskan raksasa ini bertindak sebagai katup danau. Secara teknis dikenal sebagai Morning Glory Spillway itu secara lokal, agak lebih berwarna-warni, yang dikenal sebagai "The Hole Glory". Ketika bendungan mencapai kapasitas, katup menelan air pada tingkat 48.800 meter kubik per detik, mengosongkan sekitar 700 meter melalui pipa beton besar.
        Bendungan dan katup dibangun antara tahun 1953 dan 1957, mencekik Putah Creek dan tenggelam sisa-sisa kota Monticello. Pada tingkat air yang sangat rendah, dasar-dasar kota dapat dilihat pada bagian danau. Diameter luar s 72 kaki, perlahan-lahan menyempit hingga 28 kaki di pintu keluar. Walaupun ini adalah menguras terbesar dari jenisnya, ada lainnya Glory Hole spillways di seluruh dunia, termasuk satu di Whiskeytown Lake, dekat Redding juga di California Utara. Keberanian pemain skateboard telah dikenal untuk menggunakan keluar dari katup sebagai jalan pada musim kemarau.

5.>> BINGHAM CANYON, UTAH

Bingham Canyon

        Tambang ini telah berusia hampir 150 tahun, terletak di barat daya Salt Lake City, Utah.
Dalam total sejarahnya, Bingham Canyon tercatat sebagai salah satu tambang paling produktif di dunia. Per 2004, telah diproduksi 15,4 juta ton tembaga, 715 ton emas, 5,900 ton perak, dan 386 ribu ton molibdenum.
Bingham Canyon merupakan tambang terbuka raksasa dengan lebar mencapai 4 km dan kedalaman 1.2 km. Di dunia, hanya dua objek buatan manusia yang dapat terlihat dari angkasa, Bingham Canyon dan Tembok Besar Cina. Tambang yang juga dikenal sebagai Kennecot Copper Mine ini dimiliki Rio Tinto, sebuah perusahaan tambang yang bermarkas di Inggris.

        Sejarah Bingham Canyon bermula pada tahun 1848 ketika dua bersaudara, Thomas dan Sanford Bingham bermukim di daerah itu. Waktu itu mereka beranggapan daerah ini akan menjadi tempat sempurna untuk membesarkan ternak dan mencari kayu. Tapi daerah yang ternyata kaya akan cadangan mineral ini mengubah ‘takdir’ Bingham Canyon sejak itu.

        Pada tahun 1863, Kolonel Patrick Conner beserta anak buahnya sedang ditempatkan di Fort Douglas di Salt Lake City. Banyak diantara anak buahnya adalah bekas penambang. Para penambang ini yang kemudian menemukan cadangan luar biasa di Bingham Canyon dan merintis upaya penambangan. Sebelum tahun 1969, hanya 100an orang yang bekerja sebagai penambang yang tinggal di kabin-kabin kayu sederhana di sepanjang lembah. Populasi terus bertambah meskipun dalam jumlah yang tak terlalu besar. Ledakan polulasi terjadi pada tahun 1906, saat tambang terbuka skala besar mulai dioperasikan. Beberapa tahun kemudian populasi telah mencapai 10,000 orang. Copperton dan Magna adalah kota yang didirikan para penambang dan masih eksis hingga sekarang.
        Saat ini, alat tambang utama yang dioperasikan adalah shovel listrik (electric shovels) yang mampu menggaruk 89 ton bijih dalam sekali ayun. Bijih ini kemudian diangkut oleh 64 truk tambang (dump trucks) berkapasitas masing-masing 231 ton. Selain itu, distribusi bijih juga ditunjang oleh jaringan conveyor dengan panjang total mencapai 8 km.

6.>> GREAT BLUE HOLE,BELIZE


Blue Hole

         Lubang yang diberi nama The Great Blue Hole ini merupakan hasil reruntuhan suatu system gua batu kapur yang terbentuk saat permukaan laut lebih rendah yang terjadi berulang-ulang. Konon, jutaan tahun yang lalu, Blue Hole adalah sebuah gua kering yang besar, dimana stalaktit dan stalakmit perlahan-lahan terbentuk. Ketika zaman es ribuan tahun yang lalu, permukaan air laut mulai naik menutupi gua. Pada kedalaman 130 kaki (40 meter) suhu lubang ini sekitar 76 derajat Fahrenheit (24 dereajat Celsius) sepanjang tahunnya.
        Dari Jacques-Yves Cousteau, seorang perwira Angkatan Laut Perancis, yang sekaligus penjelajah, ekologi, pembuat film ilmuwan, dan peneliti ini, diketahui bahwa tempat ini mempunyai kedalaman berwarna biru nila, dan banyak jenis binatang laut yang menghuni lubang tersebut. Di antaranya yaitu ikan kerapu raksasa, hiu Karibia, ikan gobi, angel fish, butterflyfish, dan hamnlets.
        Jacques membawa kapal Calypso dan kapal selam untuk masuk ke bagian dalam lubang dan memerikas stalaktit diskors dari dinding yang menggantung. Lubang ini mengagumkan disebabkan adanya elkhron karang yang tumbuh di permukaan. Lubang ini juga mempunyai dinding tipis sekitar 110 kaki (44 meter) dengan formasi stalaktit. Makin ke dalam, sirkulasi air dan cahaya makin berkurang. Tempat ini terletak di pesisir Belize, negara kecil di Amerika Tengah. Tepatnya berada di dekat pusat Lighthouse Reef 60 mil (90km) timur daratan Belize. Lubang ini mempunyai bentuk bulat yang sempurna, lebih dari 984 kaki (300 meter) dan kedalamannya mencapai 410 kaki (125 meter) dan dilindungi oleh Belize Audubon Society.

7.>> MIRNIE DIAMOND MINE, SIBERIA


Mir Mine

        Sebuah lubang besar di Siberia dibuat dengan tujuan untuk kepentingan penelitian. Ketika melakukan penggalian, tiba-tiba mesin bor berputar dengan cepat ketika telah mencapai ruang kosong yang besar di perut bumi. Disebutkan satu tim geologi yang menangani penggalian lubang dengan kedalaman 14,4 Km pada kerak bumi di Siberia (negara pecahan Uni Soviet) mengaku telah mendengar jeritan manusia dari perut bumi. Para ilmuwan khawatir bahwa mereka Good Lobang to Share - Computer Chair 1GB GDDR5 | Seagate 500GB | 4x Blu-Ray | Win7 Premium 64Bit | 15.6" Full HD | ASUS ROG Siberia Mirny Diamond Mine, Siberia. Tambang Berlian Mirny memiliki kedalaman 525 m dan diameter 1.200 m. Ini adalah salah satu Tambang berlian pertama dan terbesar di USSR (Uni Soviet). Kini telah ditinggalkan. lubang besar.

8.>> DIAVIK MINE, CANADA

Diavik Mine

        Tambang Diavik adalah tambang di wilayah Barat laut Kanada. Tambang ini dibuka tahun 2003, memproduksi 8 juta karat atau sekitar 1.600 kg (3500 lb) berlian tiap tahunnya. Mirny Diamond Mine, Siberia lubang besar Pada 1908 silam, sebuah meteorit komet setinggi kurang lebih 200 kaki (± 60 m) pernah melintasi lapisan atmosfer, dan mengenai kawasan, Siberia, akibatnya terjadi ledakan di kawasan tersebut. Menurut perhitungan astronom bahwa Sistim galaktik pada umumnya dipenuhi dengan Lubang Hitam (black hole). Menurut prediksi ilmuwan secara garis besar, bahwa dalam sistem galaktik terdapat sekitar satu juta lubang hitam, benda-benda ini beredar sama seperti bintang lainnya.

9.>> UDACHNAYA PIPE, RUSIA


Udachnaya Pipe

        Udachnaya Pipe adalah sebuah tambang berlian di Rusia. Pemiliknya berencana untuk menghentikan operasi pertambangan di tahun 2010. Tambang ini ditemukan pada tahun 1955 yang mempunyai kedalaman lebih dari 600 meter.

10.>> Chuquicamata, Chile



        Chuquicamata di Chili adalah raksasa dari sebuah tambang yang produktif catatan total 29 juta ton tembaga. Meskipun hampir 100 tahun eksploitasi intensif, tetap di antara sumber daya tembaga terbesar yang diketahui, dan lubang terbuka adalah salah satu yang terbesar di sebuah kota memiliki panjang 4,3 km, 3 km lebar dan lebih dari 850 m dalam.
       Tembaga telah ditambang selama berabad-abad di Chuquicamata, seperti yang ditunjukkan oleh penemuan 1898 mumi bertanggal sekitar 550 Masehi yang ditemukan terperangkap di sebuah terowongan tambang kuno oleh gua-dalam. Masuknya penambang disebabkan oleh 'Demam Emas Merah' setelah Perang Pasifik, ketika pada satu tahap daerah tertutup nakal kamp-kamp pertambangan di mana alkohol, perjudian, pelacuran dan bahkan pembunuhan yang merajalela. wow!


::Nah, Setidaknya kita bisa tahu kan keajaiban-keajaiban yang telah dibuat oleh tangan manusia maupun dari alam. Lubang-lubang Raksasa yang telah dipaparkan di atas membuktikan bahwa kita itu kecil. Subhanalloh!
Semoga paparan diatas bermanfaat bagi kita semua. Amin::

Sumber terkait :
www.vivanews.com
www.matabumi.com

1 komentar: