Comment

"Jangan Lupa Tinggalkan Comment Ya', Matur Nuwun"

Minggu, 06 Maret 2011

Berbuat Baik


Bismillahirrohmanirrohiim
                Assalamu’alaikum...

Duduk siap grakkkkk!!! Emmm...mau buat postingan tapi tentang apa yak? (*nunggu sampai 10 menit). Gini nih kalau otak uduk, kalau belum makan nasi uduk otak ga bisa buat mikir. Terpaksa deh...

Aku        : “ U u miiii, mau uduk dong”
Umi        : “ Uduk tong? Berapa bungkus?”
Aku        : ” Iya Umi, satu bungkus aja, yang pedes terus karetnya yang banyak”... hehehe
(*coba buat apaan karetnya?)..
Umi        : “ Gorengannya berapa?”
Aku        : “ Biasa tiga aja mi.. minta plastiknya yang warna pink ya mi, he...”
Umi        : “ Lu mah aneh tong, nih... ga usah bayar ya, gratis”.. (*karet ama plastiknya kalee..)
Aku        : “  Makasih umi..”..
Inilah menu empat sehat, lima ga usah bayar, he...


Orang kalau sering berbuat baik pasti akan selalu dicintai  oleh manusia, bahkan akan dicintai oleh Allah SWT. “ Manusia yang paling di cintai Allah adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain, sedang amal yang paling dicintai Allah adalah membuat senang hati seorang muslim, atau membebaskannya dari kesusahaannya, atau melunasi hutangnya, atau mengusir rasa lapar darinya. Dan sungguh berjalan menemani temandalam memenuhi hajatnya itu lebih aku senangi daripada beri’tikaf di dalam masjid selama sebulan. Barangsiapa bisa menahan amarahnya, niscaya akan Allah tutupi aibnya, dan barangsiapa yang mampu mengalahkan amarahnya, niscaya Allah akan penuhi hatinya dengan rasa ridha di hari kiamat. Barangsiapa yang berjalan menemani saudara muslimnya dalam suatu urusan hingga selesai, niscaya akan Allah kokohkan kakinya tatkala kaki-kaki manusia tergelincir. Dan sungguh akhlak yang buruk itu dapat merusak amal, sebagaimana cukak merusak madu. ” HR. Ath-Thabrani

Berbuat baik nggak cuma dengan orang-orang yang berada dekat dengan kita. Saat Allah mengingatkan kita pada seseorang (*hayooo... mulai deh, maksudnya: temen jauh, orang tua, saudara, guru atau tetangga gitu..atau siapa aja juga boleh). Saat kita diingatkan dengan orang-orang tersebut, salah satu cara berbuat baik dengan mereka adalah mendo’akannya semoga mereka dalam keadaan yang baik. Apalagi terhadap orang yang pernah kita dzalimi atau mendzalimi kita. Bukankah mereka saudara kita?

Doa seorang muslim untuk saudaranya sesama muslim yang berjauhan adalah mustajab. Di sisi kepalanya ada seorang malaikat yang mendampinginya. Setiap kali dia mendo’akan saudaranya, malaikat itu berkata, “Aamiin, dan bagimu juga seperti itu.” HR. Muslim bab Adz-Dzikru.

Sungguh meski ku merasa jauh
Dari teman yang ada di langit dan di bumi
Tetap dengan semampuku kutolong dan kuhapus kesusahan darinya
Dan serta akan kupenuhi panggilan dan undangannya
Jika dia berhias dengan pakaian indah, maka tak akan kukatakan
“Andai aku bisa memakai pakaian yang lebih indah darinya”..

Sering kita meng ingat-ngat ucapan atau sikap orang lain yang pernah menyinggung perasaan kita, atau membuat sakit hati. Tetapi seringnya kita malah lupa terhadap orang yang sehari-hari disekililing kita atau pernah dekat dengan kita yang selama itu mereka selalu berbuat baik terhadap kita.

(Inspired: Abu Abdullah Faishal bin Abduh Qa’id Al-Hasyidi dalam bukunya “Amalan Ringan Pemikat Hati”)
Semoga bermanfaat..
Wassalamu’alaikum
Mumpung Wi-Fi nya nyala tak upload dulu ah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar